Analisis Problematika Pembelajaran IPA


Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Dalam proses pembelajaran peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Proses pembelajaran hanya diarahkan pada hafalan. Peserta didik hanya menghafal informasi yang didapatkan dari sumber belajar. Sumber belajar dalam hal ini adalah guru, lingkungan dan buku pelajaran.


[Klik gambar untuk mengunduh materi kuliahnya]

Kuliah #1

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak mungkin bagi siswa untuk menyerap
seluruh informasi dalam suatu sesi pelajaran (limited short term memory). Setiap guru menginginkan SETIAP siswa belajar, bukan hanya sebagian siswa
saja. Pendekatan yang paling efektif: pendekatan yang membuat siswa menajdi aktif berpikir dan belajar.

Kuliah #2

Ada beberapa kekeliruan yang biasa dilakukan guru ketika mengajar, baik sengaja ataupun tidak.

Perkuliahan ini mendaftar sepuluh kekeliruan tersebut, salah satunya adalah “ketika bertanya di dalam kelas, langsung menunjuk siapa siswa yang akan menjawabnya’. Kesembilan kekeliruan lainnya adalah hal yang tetap berhubungan dengan guru.

 

Kuliah #3

Sebelum mengetahui pokok bahasan apa yang seharusnya dipelajari siswa kelas 1, sebaiknya guru mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

Siapa siswanya? Mengapa mereka mengikuti pelajaran kimia? Apa yang mereka inginkan melalui pelajaran kimia? Kenapa guru ingin mengajarkan kimia kepada mereka?

 

Kuliah #4

Critical thinking, how to study effectively, looking for connections and linking concepts, how to simplify ideas, problem solving, confidence, preparedness, responsibility and accountability, learning for learning – not marks, stick-with-it-ness.

 

T U G A S

 

Kuliah #5

Difference between melting and dissolution, liquid and aqueous; Where do electrons come from? (electron transfer); Rings are “special”. Reactivity of 2-chlorohexane will be completely
different from reactivity of chlorocyclohexane! Because it’s a ring!