Dasar-dasar IPA Kimia


General chemistry courses typically introduce concepts such as stoichiometry, prediction of reaction products, thermodynamics, nuclear chemistry, electrochemistry, chemical kinetics, and many of the rudiments of physical chemistry.

Most general chemistry courses are firmly grounded in several fundamental physical rules for which the primary challenge is understanding when the rules are applicable.


[Klik gambar untuk mengunduh materi kuliahnya]

Kuliah #1

Secara singkat, Ilmu Kimia adalah ilmu rekayasa materi yaitu mengubah suatu materi menjadi materi yang lain.

Secara khusus, ilmu kimia mempunyai peranan sangat penting dalam bidang : kesehatan, pertanian, peternakan, hukum, biologi, arsitektur, dan geologi.

​Dibalik sumbangannya yang besar bagi kehidupan kita, secara jujur harus diakui bahwa perkembangan ilmu kimia juga memberikan dampak negatif bagi kehidupan manusia.

Kuliah #2

Polimer adalah molekul besar (makromolekul) yang terbangun oleh susunan unit ulangan kimia yang kecil, sederhana dan terikat oleh ikatan kovalen. Unit ulangan ini biasanya setara atau hampir setara dengan monomer.

Monomer adalah sebarang zat yang dapat dikonversi menjadi suatu polimer. Contoh, etilena adalah monomer yang dapat dipolimerisasi menjadi polietilena.

Kuliah #3

Pengelolaan limbah meliputi kegiatan pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan, daur ulang ataupun pengolahan suatu material limbah.

Istilah ini berkaitan dengan material yang dihasilkan dari aktivitas manusia, dan secara umum dilakukan untuk mengurangi dampaknya terhadap bumi, lingkungan hidup, ataupun aspek estetika.

Kuliah #4

Dispersi adalah penyebaran yang merata dari dua buah fasa.. Fasa zat yang didispersikan (zat terlarut), dikenal juga dengan istilah fasa terdispersi atau fasa dalam. Fasa pendispersi (zat pelarut), dikenal juga dengan istilah medium pendispersi atau fasa luar.