Kimia Fisika 2


Kimia fisik adalah ilmu yang mempelajari fenomena makroskopik, mikroskopik, atom, sub-atom dan partikel dalam sistem dan proses kimia berdasarkan prinsip-prinsip dan konsep-konsep fisika, dengan bidang khusus a.l. termodinamika kimia, kimia kuantum, dan kinetika.

Kimia Fisik banyak menggunakan konsep-konsep dan prinsip Fisika Klasik (seperti energi, entropi, suhu, tekanan, tegangan permukaan, viskositas, hukum Coulomb, interaksi dipol), Fisika Kuantum (seperti foton, bilangan kuantum, spin, kebolehjadian, prinsip ketakpastian), maupun Mekanika Statistik (seperti fungsi partisi, distribusi Boltzmann).

​(Sumber: Wikipedia)


[Klik gambar untuk mengunduh materi kuliahnya]

Kuliah #1

Larutan ideal (biasa disebut sebagai campuran ideal) adalah larutan yang gaya tarik menarik antara molekul terlarut dan pelarutnya adalah sama dengan gaya tarik menarik antara molekul terlarut atau molekul pelarutnya masing-masing.üLarutan ideal (biasa disebut sebagai campuran ideal) adalah larutan yang gaya tarik menarik antara molekul terlarut dan pelarutnya adalah sama dengan gaya tarik menarik antara molekul terlarut atau molekul pelarutnya masing-masing.

Kuliah #2

Pada sistem heterogen, reaksi berlangsung antara dua fase atau lebih. Jadi pada sistem ini dapat dijumpai reaksi antara padat dan gas, atau antara padat dan cairan. Cara yang paling umum untuk menyelesaikan persoalan pada sistem heterogen adalah menganggap komponen-komponen dalam reaksi bereaksi pada fase yang sama. 
 Kesetimbangan heterogen ditandai dengan adanya beberapa fase, antara lain fase kesetimbangan fisika dan kesetimbangan kimia.

Kuliah #3

Setiap zat cair pada suhu tertentu mempunyai tekanan uap jenuh tertentu dan mempunyai harga yang tetap. Pada saat udara mempunyai tekanan 1 atm, air mendidih pada suhu 100°C, tetapi jika dalam zat cair itu dilarutkan suatu zat, maka tekanan uap jenuh air itu akan berkurang.

Dalam kehidupan sehari-hari, konsep tekanan osmosis sering digunakan dalam dunia medis. Cairan infus yang dimasukkan ke dalam tubuh pasien haruslah bersifat isotonik dengan sel-sel darah.

Kuliah #4

Kelarutan suatu zat adalah jumlah zat yang melarut dalam satu liter larutan jenuh pada suhu tertentu. Hasil kali kelarutan (Ksp) adalah ukuran kelarutan suatu zat terlarut (misalnya garam) yang merupakan hasil kali konsentrasi semua ion dalam larutan jenuh pada suhu tertentu dan masing-masing ion diberi pangkat dengan koefisien dalam rumus tersebut.

Ksp suatu garam adalah ukuran kelarutan garam tersebut. Semakin kecil Ksp berarti kelarutannya semakin kecil. Vice versa.


Kuliah #5

Latihan menyelesaikan soal-soal. Latihan menyelesaikan soal-soal. Latihan menyelesaikan soal-soal. Latihan menyelesaikan soal-soal. Latihan menyelesaikan soal-soal. Latihan menyelesaikan soal-soal. Latihan menyelesaikan soal-soal. Latihan menyelesaikan soal-soal. Latihan menyelesaikan soal-soal.