KKN Tematik 2020

Dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan KKN-Tematik UHO pada tahun 2020 ini tetap dapat dilaksanakan, tentu saja temanya mengenai Covid-19 itu. Saya diberi amanah menjadi salah seorang Dosen Pembimbing. bersama 22 orang peserta dari Prodi Pendidikan Kimia dan Pendidikan Bahasa Inggris serta 2 orang Dosen Pembimbing lainnya, kami berupaya memberikan literasi terkait Covid-19 ini.

Dari identifikasi awal yang telah kami lakukan, permasalahan yang ditemukan terkait Covid-19 adalah:

  1. Rendahnya literasi masyarakat mengenai Covid-19;
  2. Rendahnya literasi masyarakat mengenai social distancing dan physical distancing mengakibatkan rendahnya tingkat partisipasi dalam pelaksanaannya;
  3. Rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai mitigasi Covid-19 dalam hal cara pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran virusnya;
  4. Rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai cara membuat hand sanitizer, masker dan alat pelindung diri/APD sederhana untuk kebutuhan sendiri.

Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalah tersebut adalah:

  1. Memberikan literasi kepada masyarakat mengenai virus Corona dan penyakit yang ditimbulkannya (Covid-19);
  2. Memberikan literasi kepada masyarakat mengenai social distancing dan physical distancing sebagai upaya mitigasi untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19;
  3. Melatih masyarakat sebagai upaya mitigasi Covid-19 dalam hal cara menggunakan dan menyiapkan sendiri cairan pencuci tangan (hand sanitizer), masker dan alat pelindung diri (APD) menggunakan bahan-bahan yang terdapat di sekitar.

Keseluruhan bahan literasi dan pelatihan tersebut akan disajikan dalam format digital (video, poster, infografis) dan disampaikan kepada sasaran melalui media internet.

Telah berhasil dibuat lebih dari 20 buah poster dan 30 video mengenai Covid-19 dengan berbagai topik, mulai dari literasi tentang virusnya, cara penyebaran, upaya pencegahan hingga perilaku yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut.

Keseluruhan hasil karya mahasiswa tersebut telah disebarkan melalui akun-akun media sosial (Facebook, instagram, twitter dan YouTube) setiap peserta dan Dosen Pembimbing.

Video-video pada laman YouTube dapat disaksikan melalui palylist pada kanal Kelas Saefuddin di sini,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *