Landasan Kependidikan


Pendidikan dimaknai beragam perspektif yang akan menentukan kemana terminologi pendidikan itu akan dinyatakan. Karenanya perlu pijakan yang kuat dan komprehensif untuk mengarahkan terminologi pendidikan secara proporsional. Berbagai hal yang berkenaan dengan pendidikan akan berawal dari pemaknaan mendalam tentang manusia. Sebab manusia adalah sekaligus sebagai subjek dan objek dalam pendidikan.

Pemaknaan yang tepat tentang manusia akan memberikan stimulan awal yang positif dalam membangun pijakan lainnya dalam pendidikan.


[Klik gambar untuk mengunduh materi kuliahnya]

Kuliah #1

IPA harus dipandang sebagai cara berpikir, sebagai cara untuk melakukan penyelidikan dan sebagai kumpulan pengetahuan tentang alam.

 

Kuliah #2

Siklus belajar, dikenalkan pertama kali oleh Karplus dan Their dalam buku panduan guru pada program Science Curriculum Improvement Study di sekitar awal Tahun 1970.

Kuliah #3

Pembelajara (IPA) selama ini didasarkan pada tiga ranah taksonomi Bloom: Kognitif, afektif dan psikomotorik.

Kuliah #4

Pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan bekerja bersama sebagai keluarga, masyarakat, bernegara dan membantu mereka untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

TUGAS