Pemroduksian Bahan Ajar Kimia Berbasis Web


Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang sangat pesat. Perkembangan tersebut telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi. Informasi saat ini tidak hanya dapat diperoleh melalui sumber-sumber seperti surat kabar, majalah, audio visual dan elektronik tetapi juga dari sumber lain seperti internet. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan.

Perkuliahan ini berisi panduan bagaimana menyiapkan bahan ajar Kimia yang akan kelak akan diakses melalui website, mulai dari tahap persiapan, pengembangan dan evaluasinya.


[Klik gambar untuk mengunduh materi kuliahnya]

Kuliah #1

Pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi, mediasebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri. 

Beberapa bagian unsur ini mendapatkan sentuhan media teknologi informasi, sehingga mencetuskan lahirnya ide tentang e-learning.​

Kuliah #2

Apa itu e-learning?
Elemen dalam e-learning adalah What: berisi bahan ajar (content) dan cara pengajaran (instructional methods) yang membantu proses belajar; How: diajarkan secara elektronik (internet, siaran satelit, dll) dengan cara lisan, tulisan, ilustrasi (gambar atau foto), animasi, video atau gabungannya (multimedia); Why: membantu peserta ajar mencapai tujuan pendidikan untuk meningkatkan ketrampilan dan kinerjanya.

Kuliah #3

Teknologi selalu mencakup hardware dan software. Hardware akan berguna apabila tersedia software di dalamnya, demikian pula sebaliknya software baru akan dapat bermanfaat apabila ada hardware yang menjalankannya. Software dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu software operating sistem (OS), software aplikasi, dan software data atau konten.

​Bahan ajar adalah segala bentuk konten baik teks, audio, foto, video, animasi, dll yang dapat digunakan untuk belajar.

Kuliah #4

Kakas dan teknologi ini dapat dibedakan masing-masing untuk memproduksi konten, untuk penyelenggaraan e-learning (host) dan untuk siswa (learner).

Learning management system menawarkan fitur-fitur untuk: pengelolaan matakuliah (course), bahan ajar dan aktivitas pembelajaran; pengelolaan siswa dan aktivitasnya.

Fitur pengelolaan siswa bdigunakan untuk akses informasi siswa dan pembagian siswa ke dalam kelompok.